« Kembali

Katalog film online Dinas Kebudayaan DIY, mudahkan khalayak mengetahui perkembangan film dan karya audio visual

Tanggal : Rabu, 19 Desember 2018 Dilihat : 4832 kali

Sekarang ini, masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya, dan masyarakat lain pada umumnya, dapat dengan mudah mengetahui film dan karya audio visual Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui katalog film online, dengan tautan (link) http://budaya_jogjaprov.go.id/katalog_online_video. Adanya katalog ini, dilatarbelakangi pentingnya upaya pelestarian arsip film dan karya audio visual.

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui Seksi Perfilman, berupaya mempertahankan keberadaan arsip film dan karya audio visual, termasuk agar dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Pengarsipan demikian, perlu pengawasan, konsultasi, dan keterlibatan tenaga ahli atau profesional.

Mereka merancang, mulai dari output katalog online, tampilannya, pemrograman katalog dengan bahasa program, meliputi pembuatan sistem, sampai pada tahap mengunggah (upload) katalog pada server, termasuk melakukan penyesuaian (sinkronisasi) katalog dengan server yang telah disediakan Dinas Kebudayaan DIY. Setelah berhasil diunggah, muatan (konten) video, tulisan, dan gambar, dimasukkan, sebelum katalog siap diluncurkan kepada khalayak.

Pembuatan katalog film online itu juga mengacu pada perkembangan terbaru situs katalog online terkemuka di luar negeri dan dalam negeri. Situs-situs ini dikelola dan merupakan hasil kerja sama sineas, penulis, dan pengguna situs. Film, artikel film dan industri hiburan, cerita menarik yang tidak dibuka melalui bioskop dan televisi, sampai pendongeng yang tidak terikat rumus, mengejutkan, dan membuka pandangan baru, dapat ditemukan pada situs. Pengguna punya kesempatan membeli film secara khusus, bahkan ikut menyumbang dana.

Situs katalog film onlline Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta diumumkan secara resmi pada Selasa, 9 Oktober 2018, bersamaan dengan tayang perdana film pemenang sayembara pendanaan film 2018 Dinas Kebudayaan DIY. Cuplikan (trailer, kurang dari satu menit, minimum 45 detik) lebih dari seratus judul film dan karya audio visual Dinas Kebudayaan DIY, sejak 2014, dapat disaksikan secara online.(hen/ppsf)

Bagikan :

BERITA LAIN Lihat Semua

...
21 Mar 2019

Sesuai dengan namanya ‘Pawon’ dalam bahasa indonesia berarti dapur, sedangkan kata ‘ageng’ berarti besar. Peralatan dapur ini memiliki ukuran yg sangat besar tidak seperti peralatan dapur biasanya. Penasaran kan?? Yuk ke Museum Puro PakualamanSum

...
19 Mar 2019

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Aris Eko Nugroho, SP. M.Si, membuka secara resmi kegiatan TOT Moekti Seni Rupa yang diselenggarakan di Omah Petruk Karang Klethak Sleman. Training of trainer yang diikuti 36 orang guru dari 18 SLB di lingkungan Daerah Istimewa

...
16 Mar 2019

Upacara adat rasulan, bersih dusun di Tegalsari, Desa Semin, Gunungkidul, pada Jumat Wage, 15 Maret 2019, melambangkan rasa syukur warga masyarakat kepada Sang Pencipta, atas karunia panen yang berlimpah. Sebelum paraden hasil bumi dibagi-bagikan kepada

Kontak

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
Jl. Cendana 11 Yogyakarta 55166
Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945

Newsletter

Selalu dapatkan informasi terbaru dari kami, dengan berlangganan melalui email

Copyright © 2017 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa yogyakarta